Friday, January 12, 2018

Bikin Mainan Sendiri Yuk!

Postingan ini lebih telat dari yang di instagram @idekuhandmade . Aku masa baru mau ngebahas soal aktivitas yang bisa mama dan si kecil lakuin kalau liburan. Sebenernya bukan hanya pas liburan aja, tapi bisa dilakuin kapanpun kalau ada waktu kosong. Soalnya aku sering denger curhat beberapa teman yang sudah punya anak, mereka kewalahan tiap liburan karena anak-anak mereka ingin selalu ada kegiatan supaya nngga bosan di rumah. Kalau lagi stuck ide, ya ujung-ujungnya ke mall. Tapi masa dikit-dikit ke mall? Lama-lama kan boros juga *emak-emak mode on* :D. Makanya kemarin sempat aku buat 3 aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama.

1. Melukis boneka kayu
Jangan pusing dulu ya. Aku kasih balat dan bahan yang mudah ditemukan kok :p Ini boneka kayu dari sendok kayu buat sendok nasi itu loh. Tinggal dilukis pakai cat acrylic yang banyak dijual di toko buku. Gambarnya bebas, bisa jua menggambar anggota keluarga masing-masing. Atau bahkan bisa membuat silsilah keluarga kalau punya sendok kayu yang banyak :D

Bisa pakai pensil dulu supaya ngga salah.


2. Membuat labirin
Bahannya super simpel. Hanya tutup kardus bekas yang dilapisi kertas supaya lebih bersih. Lalu sedotan, gunting, lem, dan kelereng atau manik yang bulat. 

Bukan acting, Ini Echa sama April main beneran :D
3. Membuat puzzle
Punya lembaran karton/kardus bekas? Mulai sekarang jangan dibuang ya karena bisa menghasilkan sesuatu yang berguna. Jadi lembarannya digambar dulu, biarkan si kecil menggambar sesuatu sesuai dengan keinginan mereka. Bisa bunga, kucing, rumah, gunung, dsb. Setelah itu diwarnai menggunakan spidol/krayon/ pensil warna. Lalu dari lembaran  karton/kardus itu digunting acak menjadi beberapa bagian. Nah kembali lagi ke tugas si kecil untuk menyusun bagian demi bagian sehingga membentuk gambar awal yang sudah dibuat. Seru kan?

Ini si April nyontohinnya kenapa susah amat ya gambarnya? &^$$@#^$^(@)#^

4. Membuat boneka tangan
Yang ini dari bahan kertas karton juga. Karakternya bisa dibuat sesuai imajinasi mama dan si kecil. Lalu dilipat dan bagian belakangnya dibuat selipan kertas untuk memasukkan jari tangan.


Selamat bermain :*







1 comment:

  1. makasih idenya mbak... bisa ini dibuat di rumah. Beli cat air dulu hihihi

    ReplyDelete