Friday, March 24, 2017

#myDIYstories Volume 22: Cara Membuat Kantong Belanjaan Dari kaos Bekas Dalam 10 Menit


Minggu pagi lalu saya dan keluarga ngikutin acara lari bersama di sekitar BSD, seperti biasa kita dapat baju official acara lari bersama, setelah sesampainya dirumah saya bingung baju itu mau dipakai kemana, daripada jadi sesuatu yang ga berguna mending diubah menjadi sesuatu yang berguna dan juga  isu global warming yang kian parah sampai saat ini, maka dari itu kita harus mengurangi penggunaan plastik sebisa mungkin.  Dalam rangka ikut andil membantu dalam pelestarian lingkungan, maka saya mau mengubah kaos acara lari tadi menjadi kantong belanjaan dalam waktu 10 menit. Yuk langsung aja siapin alat dan bahan - bahanya.

Alat dan Bahan

  • Baju (Bekas)
  • Penggaris
  • Gunting
  • Spidol

Langsung aja ikutin yuk cara-cara nya:

1. Buatlah pola dengan spidol seperti contoh gambar di bawah

2. Lalu gunting pola yang sudah digambar


3. Seperti ini jika sudah digunting

4. Lalu ukur dengan penggaris dengan tinggi sekitar 11 cm
dan buatlah garis

5. Lalu gunting ( lebar sekitar 3 cm) sampai
 batas garis yang dibuat

6. Ikatlah masing-masing kedua garis - garis yang sudah tergunting

7. jika sudah, putar baliklah baju

8. Seperti ini hasilnya, jadi deh..


Lumayan kan baju yang sudah tidak bisa terpakai bisa juga menjadi sesuatu yang lebih berguna, bisa dijadikan kantong belanjaan. Bisa saya gunakan jika ke pasar untuk membeli sayur dan keperluan dapur, ayo kita sama-sama kurangi penggunaan plastik, dengan membuat tote bag dari kaos bekas ini berarti kalian sudah mensupport  gerakan #GoGreen. Jika kalian buat Tote bag ini jangan lupa upload di Instagram tag ke IG aku @idekuhandmade dan beri hashtag #myDIYstories. Selamat mencoba :)

Thursday, March 9, 2017

#myDIYstories Volume 21: Wadah Permen Coklat dari Bungkus Susu


Kalau di MDS di volume yang sebelumnya saya membuat sesuatu dari bungkus susu dan kali ini saya juga masih membuat sesuatu yang lebih unik dan bermanfaat dari sampah bungkus susu, karena sisa bungkus susu nya masih ada maka dari itu saya bermaksud untuk mendaur ulangnya, jadi ceritanya saya mau melanjutkan sisa perjuangan sampah bungkus susu agar tidak menjadi sampah beneran hehe. Yuk kita lanjutin membuat sesuatu dari sampah bekas. Siapi dulu alat - alat nya.

Alat dan bahan:

  • Bungkus Susu 
  • Pallet
  • Kuas
  • Cat Acryliz
  • Pesil
  • Kertas karton putih
  • cutter
  • gunting
  • plasti bening
  • penggaris
Yuk langsung aja ikutin langkah-langkahnya:


1. Ukur alas kotak susu diatas kertas karton dengan pensil

2. Kalau sudah diukur, gunting kertas karton tersebut. setelah
sudah tergunting, diamkan dulu.

3. lalu cat dengan warna pink muda (atau sesuai selera)
bagian kedua sisi berlawanan badan bungkus susu 

 4. Lalu warnai dengan hijau tosca (atau sesuai selera) sisi selanjutnya

5. lalu buatlah lingkaran di sisi yang diwarnai hijau tosca

6. Lalu potong dengan cutter hingga menyerupai lingkaran

7. Lalu gunting kertas bening kira-kira 
sebesar lingkaran pada badan bungkus susu

 8. Lalu berilah lem pada sisi - sisi
 bagian kertas bening yang telah terpotong

 9. Lalu tempel platik bening yang sudah
 diberikan lem (menutupi lubang lingkaran)

10.  Lalu tempel kertas karton (pada point no. 2) 
di bagian bawah bungkus susu

 11. Lalu warnai dengan cat acrylic tutup bungkus susu
 dengan warna kuning muda (sesuai selera)

12. Lalu bagian ini dibutuhkan kreatifitas kalian,
gambarlah dengan cat acrylic detail-detail rumah


Sudah jadi deh tempat permen coklat yang lucu dan bermanfaat, jika kalian sudah sampai tahap ini berarti kalian tinggal memasukkan permen coklat kedalam bungkus susu tersebut. Sudah gaada lagi deh sampah bungkus susu dirumahku, semua sudah aku daur ulang. Ayo kalian juga jangan mau ketinggalan ya mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat. 


Jika kalian buat wadah permen ini jangan lupa ya di upload lalu di tag di instagram aku @idekuhandmade dan diberi pula hashtag #myDIYstories, selamat mencoba... happy crafting. :)


Wednesday, March 1, 2017

#myDIYstories Volume 20: Pencil Rack Dari Bungkus Susu


Saya itu termasuk rajin minum susu, hampir seminggu dua kali saya beli susu bungkus di supermarket. Hingga suatu ketika saya menyadari bahwa isi tempat sampah di rumah saya adalah hanya  bungkus-bungkus susu 1 literan (kebayang dong besarnya), dari situ saya mendapat ide untuk me-recycle bungkus-bungkus susu tersebut.

Di #myDIYstories kali ini saya akan mengajak kalian itu membuat sesuatu yang lebih bermanfaat dari sebuah sampah, ya saya akan membuat tempat pensil dari sampah bungkus susu. Yuk kita siapin alat dan bahan - bahannya

Alat dan Bahan

  • Bungkus Susu 1 liter
  • Kain bermotif
  • lem tembak
  • cutter
  • pallet
  • cat acrylic
  • pesil
  • kuas
  • penggaris
Berikut langkah - langkahnya:

1. Ukur dengan penggaris sekitar 11 cm

2. Potong dengan cutter

3. Setelah semua terpotong, warnai dengan cat acrylic dengan warna putih
 

4.  Lalu ukurlah kain (sesuai ukuran bungkus susu)

5. lalu gunting kain tersebut

6.  lalu lapisi bungkus susu dengan kain
 dan ditempel menggunakan lem tembak

7. Seperti ini jika bungkus susu sudah terlapisi dengan kain

8. Gunting ujung keempat sisi kain tersebut

9. Lalu diberi lem tembak dan rekatkan kain tersebut

10. Jadi deh pencil Rack :)


Seneng rasanya bisa mendaur ulang sampah, harapan saya adalah agar kita semakin peduli akan lingkungan dengan tidak membuang banyak bungkus plastik atau membuat gerakan-gerakan kecil dengan cara mendaur ulang sampah-sampah agar lebih bermanfaat. Jika kalian tertarik untuk membuat pencil rack dengan bungkus susu bekas jangan lupa untuk upload ke Instagram aku @idekuhandmade dan beri hashtag #myDIYstories :) ditunggu yah... semoga bermanfaat.

Thursday, February 23, 2017

#my DIYstories Volume 19: Mempercantik Hiasan Rumah Yang telah Usang


Pada hari minggu lalu saya pulang ke rumah mama di Cilandak, niatnya sih mau ambil barang-barang yang tertinggal di rumah sana sekaligus kangen mau ketemu mama papa. Setelah Makan siang bersama keluarga, saya langsung menuju gudang rumah, dan disitu saya menemukan sesuatu yang unik tapi dilupakan :( saya menemukan sebuah hiasan berbentuk kuda yang telah usang. Hiasan kuda ini sudah ada dirumah saya sejak saya masih di sekolah dasar (umurnya hampir sama dengan umur saya hehe). Lalu tanpa pikir panjang saya bawa pulang hiasan kuda ke rumah BSD. 

Kali ini saya akan me-make over hiasan kuda yang telah usang ini, supaya jadi terlihat menarik lagi seperti dulu, dan dalam proses make over ini saya ga perlu mengeluarkan banyak uang loh. Yuk disimak #myDIYstories kali ini. 

Alat dan Bahan

  • Objek yang akan dilukis, kali ini objek saya Hiasan Kuda
  • Pallet
  • Kuas
  • Cat Acrylic (kalau bisa warna premier)

Langsung aja ikutin yuk cara-cara nya:


 1. Warnai dengan cat acrylic warna putih keseluruhan badan objek

 2. Seperti ini hasilnya jika sudah dicat putih 

 3. lalu warnai kulit kuda dengan warna pink (sesuai selera)

 4. lalu warnai (sessuai selera) detail-detail bagian objek

5. Beri sedikit goresan zig-zag agar tampil cantik

 6. Lanjutkan dengan mewarnai dengan warna (sesuai selera) 
saya lebih suka warna pastel :)



 7. Jika sudah seperti ini hasilnya, tunggu hingga kering

8. Beri warna Detail badan object

9. Ini dia hasilnya, jadi terlihat lebih menarik bukan?

Ga nyesel deh bawa pulang barang antik dari rumah, dan hasilnya jadi lebih menarik dan lucu. Kaya hiasan barang bukan? Dan saya ga perlu biaya hingga ratusan ribu untuk mendapatkan hiasan baru dirumah, cukup dengan cat acrylic dan semuanya bisa diatasi hehe :D



Kalau ada barang-barang atau hiasan dirumah kamu yang sudah usang, jangan dulu dibuang ya, kalian bisa me-make over ulang barang atau hiasan itu, Dan jangan lupa upload ke IG dan tag ke @idekuhandmade lalu beri hashtag #myDIYstories. selamat mencoba :)