Tuesday, October 17, 2017

Seneng dari gambar manual bisa jadi produk

Sebelum mulai ngemeng-ngemeng soal apa yg aku bikin, aku mau kata-kata pembuka dulu nih :p Sebelumnya pada ngerasa ngga sih, "KOK NGEBLOG SUSAH AMAT YA? KOK NGGA ADA WAKTU YA? KOK NGGA ADA BAHAN YA? KOK NGGA TAU HARUS NULIS APA YA?" Begitu banyak pertanyaan yang aku pikirin selama ini. Kenapa aku ngerasa jadi segitunya ngga bisa untuk posting sesuatu di blog. Ketemu sama beberapa orang bikin aku salut dan sangat kagum sama teman-teman yang bisa dengan komitnya mengisi blog mereka dengan sungguh baik. Baik karena tata bahasanya bagus, baik karena isinya informatif, baik karena penataan letaknya enak dipandang, baik karena fotonya berkualitas bagus, dan baik-baik lainnya. Kapan mereka bisa melakukan itu semua? Kapan mereka bisa mencari sumber-sumber untuk bahan tulisannya? Itu semua aku belum bisa lakuin. Kalau dulu mungkin aku bisa posting seminggu beberapa kali. Kenapa sekarang ngga bisa ya? Ya ini PR sih buat aku, dan masih akan menyelidiki sebab penyebabnya kenapa :D Mungkin nanti hasilnya bisa aku share di blog ini :p *janji ngga yaaa.....

Oke, pagi ini sebelum mandi tapi udah sarapan (penting lol), aku mencoba untuk nulis lagi. Karena bahan baru belum aku kumpulkan dengan baik, maka aku memutuskan untuk mengangkat sesuatu yang lama. Karena menurutku, untuk membuat konten yang baik memang persiapannya harus agak njelimet. Apalagi aku juga bukan seorang penulis yang bisa nulis mengalir gitu aja. Belum lagi harus foto ini itu yang berkaitan dengan konten. 

Jadi gini, Lebaran lalu (woooyyyy Lebaran udah lama bangettttt... tapi ini baru mau keluar hahahaa) aku membuat sesuatu untuk Ideku Handmade. Seperti teman-teman tahu kalau aku dan tim suka membuat goody bag ulang tahun anak, itu pun harus memesan terlebih dulu karena hasilnya nanti akan personal banget, mulai dari design, warna, ukuran, jenis produk, sampai penambahan nama tamu yang diundang. Tapi banyak teman-teman juga yang menanyakan aku untuk membeli yang satuan. Ya sudah, aku pikir kenapa juga ngga dibuat?

Sebulan sebelum Lebaran, aku niat untuk bikin gambar manual menggunakan gouache. Aku gambar di kertas Canson Paper yang 300 gram. Idenya apa lagi kalu bukan bunga-bungaan. Kenapa aku pilih bunga? Karena aku tahu kalau penikmatku di instagram sebagian besar adalah ibu-ibu muda :))


Aku bikin 2 design, yaitu bunga biru dan bunga merah

Setelah itu aku scan. Scanerku di workshop biasa banget kok yang standart dipakai di rumah. Ngga hanya berhenti sampai di proses scan, lalu aku layout bunganya menjadi susunan yang lebih menarik.


Setelah dilayout lalu masuk ke proses printingnya dan dijahit sesuai dengan produk yang diinginkan. Dari 1 designnya aku jadikan placemat, coaster dan, cushion cover. 


Packagingnya aku pakai box karton berbentuk kotak.sayang kan kalau produknya sudah niat dibuat tapi masa packagingnya 'ngga menjual'? Untuk bunga merah aku pakai box merah, untuk bunga biru aku pakai box biru. Ngga lupa untuk menambahkan pita dan label ucapan untuk menambah detail manisnya.


Kalau produk sampai packaging sudah beres dibuat, yang ngga kalah penting juga adalah foto produk. Aku sih fotonya ala-ala banget ya. Berbekal sedikit ilmu fotografi yang masih diingat di kampus, lalu aku coba untuk melakukan photoshoot di Kopi Kalyan, BSD. Numpang meja makannya lalu aku tata produkku supaya terlihat cantik :D Foto produk untuk apa sih? Ya untuk jualan. Berhubung aku mengandalkan sosial media 100% sebagai tempat berjualan, wajib hukumnya untuk bikin penampakan visual yang baik. Nah teman-teman yang punya usaha online juga wajib juga tuh untuk foto produknya :)


Setelah dicoba ngebahas tentang konten tadi, ternyata aku bisa juga ya ngemeng-ngemeng huahahaha... Dan malah jadi ada ide baru. Next post aku akan bahas tentang gimana sih cara foto sederhana supaya jualan kita terlihat baik? Aku matengin dulu ya materinya, berdasarkan pengalamanku sendiri ditambah juga dengan tips lainnya. *doa dulu, semoga matengin konsepnya ngga setahun ya :D

Selamat hari rabu semua, selamat berkarya dan jangan males-malesan! Muaaahhhh :*

Monday, May 29, 2017

Latihan Pegang Kuas


Apa sih sebetulnya Latihan Pegang Kuas? Hahaha... Ini yang suka menjadi pertanyaan buat banyak orang. Saya suka menggambar dan bikin kerajinan sejak masih kecil. Seingat saya dari TK sampai SMU mata pelajaran yang paling tinggi adalah kesenian. LOL. Tapi seringkali dibuat drop oleh papa saya karena beliau SELALU bilang kalau gambar saya dari dulu sampai sekarang yaaaa begitu aja.Saya pun kuliah di jurussan design grafis dan... tetap tidak ada peningkatan apa-apa. Benar kata papa saya, segitu-gitu aja.

Sampai saya mendirikan Ideku Handmade akhir tahun 2008 lalu, kemampuan saya juga tetap segitu aja -__- Akhirnya kalimat papa yang bikin drop tshayy tadi saya jadikan sebagai pemicu untuk membuat saya berusaha lebih lagi. Timbulah kalimat "Latihan Pegang Kuas." Kalimat tersebut sungguhlah dari dalam hati saya. Saya memang berniat untuk belajar memegang kuas. Hal yang saya benci sewaktu kuliah dulu. *Walaupun suka kesenian, saya ngga suka mengerjakan sesuatu yang mengandung unsur air :D

Sering kali setiap saya belajar memegang kuas, lalu karya saya post di instagram. Ngga disangka semakin hari semakin banyak yang bertanya. Saya pun bingung menjelaskan, karena yang saya tahu tidaklah seberapa ilmunya. Berbekal dari cari-cari tahu melalui workshop dan otodidak, serta banyaknya orang yang meminta saya untuk menularkan ilmu ala-ala ini, maka saya mulai memberanikan diri untuk membuat kelas ini.

Tak diduga juga, ternyata makin hari makin banyak orang yang antusias. (Terima kasih banyak!) Sekarang saya malah aktif workshop untuk menularkan ilmu ini ke banyak orang. Memang karena ilmunya juga masih sekadarnya, makanya tiap kali saya latihan juga tetap menggunakan caption latihan pegang kuas. Kalau udah jago mungkin berubah jadi jago pegang kuas. Hahahaha... becanda.

Moto saya adalah membuat sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang menarik. Sesuai dengan apa yang saya buat di Ideku Handmade. Hampir semuanya mudah sekali dibuat, tapi ya itu dia tantangannya bagaimana cara membuat hal-hal sederhana tersebut menjadi lebih berarti :') Makanya latihan pegang kuas pun begitu, goresan kuas sederhana yang bisa membuat (at least) orang yang melihatnya menjadi happy! Bilang aja skill saya cuma segitu doang. Eh.

Feel free loh kalau mau menggunakan hashtag #latihanpegangkuas di instagram kalian. Tapi please banget ya, jangan foto jualan sepatu-jualan parfum-jualan squishy-jualan alat pembesar payudara serta merta dikasih hashtag #latihanpegangkuas juga. Keki banget saya liatnya :D

Kalau yang belum tahu tentang latihan pegang kuas bisa cek hashtag #latihanpegangkuas ini atau juga masuk ke account @latihanpegangkuas . Karena rencananya sih saya mau ngasi tutorialnya di account ini :) Doakan semoga berfaedah ya! *kencengin iket kepala

Thursday, May 4, 2017

Info Workshop Ideku Handmade Bulan Mei 2017

1.

Pouch Painting Workshop

Sat, 6 May 2017
11 am - 1 pm

at Cinere Bellevue Mall

More info: will update you soon! :)

Registration:
marthapuri1905@gmail.com


---------------------------------------------------------------------------------------------

2.


Melukis di Atas Pouch

Friday, 12 May 2017
  2pm

at Mall Ciputra Jakarta

Reg: Idr 70k

Registration:
marthapuri1905@gmail.com

---------------------------------------------------------------------------------------------
3.

Mewarnai Trolls Cushion

Saturday, 13 May 2017
  2pm

at Mall Ciputra Jakarta

Reg: Idr 70k

Registration:
marthapuri1905@gmail.com

---------------------------------------------------------------------------------------------

4.

Melukis Diatas Mini Tote Bag

Friday, 19 May 2017
  2pm

at Mall Ciputra Jakarta

Reg: Idr 70k

Registration:
marthapuri1905@gmail.com


---------------------------------------------------------------------------------------------
5.
 Daring Beauty
Water Color Workshop
 
Sat, 20 May 2017
  3pm - 5pm

at 1/15 coffe (one fifteenth cofee)
Jalan Gandaria 1 No. 63, Jakarta

Reg: Idr 100k
Registration:
Tamara (WA: 082110823177)
Line: Gogirlevent
www.gogirlmagz.com 

---------------------------------------------------------------------------------------------





Wednesday, May 3, 2017

Ngerjain Kitty!

Siang tadi Kitty, Rangga, dan 2 perinya datang ke workshop. Mereka berniat untuk photoshoot Bebajuan, sebuah projek kesenangannya Kitty dan mamanya. Saya diminta untuk jadi model-modelannya Kitty :D Ini saya kasih bocoran fotonya ya, selanjutnya mah kalian langsung ya ke instagram Bebajuan ya!


Selanjutnya saya menodong Kitty untuk me-make over rak display yang berada di ruang tamu workshop. Hahahaha... 


Awalnya rak ini saya kosongkan dulu, setelah itu PR Kitty deh untuk menata-nata. Saya iseng aja pengen jahilin Kitty untuk rapiin rak display ini :D 

Ini dia si Kitty, korban pemaksaan beberes :p

Setelah itu Kitty mulai memasang-masang pot pada rak mulai dari bagian teratas. Kalau saya biasanya mulai dari bagian paling bawah. Kitty mulai memasukkan tanaman yang berpot berwarna ke dalam pot berwarna putih sehingga terlihat seragam. Paling atas pun diletakkannya monstera bolong-bolong. Harap maklum ya kalau perbendaharaan jenis tanaman di kepala saya agak kacau :s


Lalu mulai turun kedua rak dari atas. Kitty meletakkan alphabet light dan vas transparan dan boneka kaktus, Lalu di rak yang ketiga diletakkan beberapa boneka handmade dan tanaman yang lagi-lagi saya ngga tau namanya :D Bagian paling bawah diletakkan tanaman kuping gajah dan xxxxxx. *mungkin teman-teman bisa bantu saya menuliskan jenis-jenis tanamannya. Hohoho.


Di luar rak, di atas lantai barulah diletakkan tanaman yang besar-besar. Yahh sekian ya postingan ngerjain Kitty hahaha... Semoga bisa jadi inspirasi buat kalian yang lagi seneng-senengnya mendekor rumah. Di bagian paling bawah nanti akan saya tulis tempat membeli tanaman/produk yang dipakai untuk mendekornya.


 
Ini sih saya cuma tim hore aja, cuma numpang foto hihihii.
video


Setelah capek, barulah kami semua naik ke lantai atas untuk main. Main bareng Siska, boneka kesayangan Kitty yang selalu diajak kemana-mana. Dan sepertinya kerap kali stress karena diintimidasi oleh sang majikan hahahhaa...

Siska mendapat teman baru!

Main-main ala-ala Ideku Handmade, Kitty Manu, dan peri-peri.


Plant hanging @livingwithlof
Fiddle plant @emilliegarden
Pink kokedama @emilliegarden
Jumbo cactus @growandgrowid
Shelf @ikea.id
Alphabet light @typhshop
Dannnnn yang paling penting adalah....
semuanya difotoin sama papa tanam-tamanan