Wednesday, March 14, 2018

Bermain Engklek

Sumber: Sindo News

Buat mama-mama, masih ingat ngga sih sama permainan engklek? Permainan ini dulu mungkin sering kita mainkan bersama teman (kalau aku sih iya banget :p). Engklek adalah salah satu permainan trasional favorit (setidaknya aku bertanya ke teman terdekatku). Permainan ini punya banyak banget nama loh. Beda daerah beda nama panggilan :D Kemarin juga aku sempat bertanya di insta stories tentang nama dari permainan ini. Ada beberapa yang aku dapatkan:
-engklek (jawaban terbanyak)
-taplak gunung
-dampu kapal
-bendan gunung
-oncak
-dampu bulan
-sulamanda
-sondah
-pecle
-gaco
-bete
-demprak
-caingkling
-cengek-cengek
-cak ingkling
-......
-.....
-.....


Banyak banget kan? Ayooo siapa yang mau menambahkan daftar nama ini?

Sumber : Mainan Tradisional Indonesia

Cara bermainnya mudah, pertama kita perlu menggambar dulu pijakan langkah (biasanya di lantai). Terdapat 8 kotak dan setengah lingkaran pada bagian atas. Namun beberapa daerah ada sedikit perbedaan, ada juga yang tidak menambahkan setengah lingkaran tersebut. Permainan ini bisa dimainkan oleh lebih dari 2 orang. Yuk kita intip youtube dari teman-teman MerahPutih.com untuk melihat cara bermainnya. Selain bikin happy, juga secara ngga sadar kitapun juga melatih otot kaki pada saat melompati kotak demi kotak.

Nah, sekarang ini aku mau mengajak mama-mama dan si kecil untuk membuat permainan ini tetapi yang bisa dimainkan di dalam ruangan. Jadi misalkan kalau hujan, kita tetap bisa bermain ;)



Alat dan bahan:
-kardus bekas
-kertas berwarna
-gunting
-lem
-spidol

Langkah:
Buat pola seperti di bawah ini dengan menggunakan kardus bekas lalu lapisi perkotaknya dengan menggunakan kertas berwarna, kalau warna-warni pasti lebih lucu. Lalu tulis angka secara berurutan mulai dari paling bawah, 1-8.



Kalau mau liat keseruan pembuatannya bisa lihat di highlight instagramku di folder #ideku101

Masih bingung bagaimana cara melihat highlight? Begini nih, follow dulu ya akun @idekuhandmade lalu lihat pada bagian bawah profile yang berbentuk bulat-bulat. Lalu klik folder #ideku101



Selain tutorial permainan engklek, juga ada aquarium dari kardus. Rencananya sih memang di folder tersebut aku gunakan sebagai folder untuk kumpulan tutorial :)

Selamat bermain semuanya :* Jangan lupa ya untuk dipraktikkan di rumah.

1 comment:

  1. Tolle Infos! Ich bin kürzlich auf Ihren Blog gestoßen und habe mitgelesen. Ich dachte, ich würde meinen ersten Kommentar hinterlassen. Ich weiß nicht, was ich sagen soll, außer dass ich es getan habe

    OBAT PENGHANCUR MIOM

    OBAT JANTUNG BOCOR

    OBAT VITILIGO

    OBAT UNTUK PROMIL

    OBAT MENOPAUSE DINI

    OBAT PELANCAR HAID

    ReplyDelete