Wednesday, November 15, 2017

#myDIYstories Volume 25 : Beads Keychain


Gantungan kunci adalah benda printilan yang biasanya selalu kita punya, at least 1. Tapi seringkali kita hanya beli saja tanpa pernah kepikiran untuk membuatnya. Padahal sebenernya gampang loh untuk membuat gantungan kunci yang bagus. Bahan-bahannya juga gampang ditemukan. Kali ini aku mengajak sahabatku, Susyana Golam dari @susyana_heartbeads, untuk membuat gantungan kunci. Kebetulan Susy memiliki usaha printilan lucu nan gemas yang juga memakai bahan beads/manik.


Kebetulan sekali Susy rumahnya juga di sekitaran BSD jadinya kami dengan mudah mengatur waktu dan tempat untuk melakukan sesi pemotretan. Begitu Susy aku kabari soal DIY project ini, Susy langsung tertarik. Bahkan di saat kehamilannya sudah memasuki usia 8 bulan, Susy dengan semangat datang dan menjelaskan proses pembuatan keychain ini hanya untuk kalian semua! :) Thanks a lot Susy :* Aku sudah wanti-wanti Susy untuk menggunakan bahan yang memang ada di sekitaran kita supaya kalian juga mudah untuk mengikutinya. 

Alat dan bahan:

  • Beads / manik yang ada lubang di bagian tengah
  • Gantungan kunci besi
  • Ring besi 8 mm
  • Benang sulam berbagai warna
  • Jarum
  • Gunting


Langkah:

1. Siapkan alat dan bahan
Kalian gunakan bahan yang mudah kalian dapatkan. Untuk beads bisa menggunakan beads dari bahan apapun misalkan plastik, batu, biji-bijian, logam, kayu, dsb.

2. Ukur dan gunting benang sulam dengan panjang kurang lebih 30 cm


3. Lipat benang menjadi 2 

4. Simpulkan benang di gantungan kunci

5. Masukkan kedua ujung benang ke lubang jarum lalu simpulkan

6. Masukkan beads melalui jarum

7. Sambungkan benang ke ring besi lalu simpulkan
Susy memakai ring besi dengan ukuran 8 mm, tetapi jika kalian memiliki ukuran yang lain tidak masalah.

8. Gunting benang sulam kurang lebih 10 cm dengan jumlah kurang lebih 5 potong per warna (Susy memakai 3 warna)

9. Buka ring besi

10. Lipat potongan benang menjadi 2 lalu masukkan ke dalam ring besi dan tutup kembali ring besinya

11. Ambil 1 benang lalu ikatan mengeliling di ujung dekat ring

12. Rapikan ujung benang dengan gunting

Taraaaaaa selesai deh! Gampang kan? 

Selain menjadi gantungan kunci, juga dapat digunakan sebagai gantungan tas :) Kalau kalian sudah berhasil membuatnya, share dong di instagram kalian lalu tag ke @idekuhandmade dan sertakan juga hashtag #myDIYstories . Selamat mencoba :)


1 comment:

  1. Hey what a brilliant post I have come across and believe me I have been searching out for this similar kind of post for past a week and hardly came across this. Thank you very much and will look for more postings from you. https://foodkeychains.com/

    ReplyDelete