Saturday, July 16, 2011

{we are still learning}

Hai teman-teman, ini adalah late-nite posting. Sebelumnya kan sudah saya bilang kalau saya sudah addicted pada dunia per-blog-an. Sepulang dari menonton teater Papermoon Puppet di Kota Tua (maaf, foto menyusul, menunggu tag'an dari teman-teman karena tidak membawa kamera hihihi) sekitar jam 1 pagi, saya tidak bisa langsung tidur. Rasanya ada sesuatu yang kurang. Betul, nge'blog sudah menjadi bagian dari hidup yang tidak bisa dipisahkan *mulailebay* hihihi... 

Nah seiring dengan bertambahnya waktu, Ideku Handmade mulai melebarkan sayap kesana kemari *ehm, tanpa arah* dan berujung di suatu dunia yang akhirnya saya dan Oie yang akan menikmatinya. Kalau ditanya oleh banyak orang dimana saya kami belajar ini atau itu, kami bingung harus menjawab apa. Karena jujur, dari dulu sampai detik inilah kami masih belajar dan terus belajar. Dan bila menyinggung soal "online shop atau offline shop", itu berarti sama saja dengan berbicara tentang bisnis. Yang semuanya mau tidak mau, suka tidak suka harus dipelajari secara mendetail. Kalau membuat suatu boneka (misalnya) merupakan sesuatu kebahagian tersendiri buat saya, tetapi kebahagiaan tersebut tidak dapat saya bayarkan kepada teman-teman yang bekerja di belakang Ideku Handmade sebagai pengganti jerih payah mereka. Jelas mereka memerlukan uang. Hal ini pernah saya utarakan pada sesi sharing di Crafty Days Mei lalu. Dari sinilah dapat ditarik kesimpulan bahwa saya dan Oie mempunyai tanggung jawab besar terhadap mereka. 

Menjalankan online shop pun harus sama "niatnya" dengan orang-orang yang menjalankan offline shop. Ide ini baru saya sadari ketika Ideku Handmade semakin sering mengikuti bazar dan akhirnya membuka workshopnya untuk umum. Segala sesuatu yang meunjang promosi harus kami pikirkan baik-baik. Dan inilah yang sejauh ini sudah kami buat (sebagian besar sudah direalisasikan). Buat teman-teman yang sedang bingung, apa saja sih yang dapat dibuat untuk meningkatkan promosi, di bawah sini ada sedikit contekannya, semoga bermanfaat ya... *peluk erat-erat*

Logo.
Kayanya untuk urusan yang satu ini teramat penting yaaa :) Logo ini merupakan cermin diri atas usaha yang kita lakukan.

 Kartu nama.
Dengan kartu nama, network kita akan semakin luas, diusahakan memakai warna yang eye catching, atau bisa design yang unik :)

 Label kertas pada bagian atas packaging.
Uh, pemakaian label ini untuk membuat kita semakin terlihat profesional dan matang. Selain itu untuk mempercantik penampilan packaging. (umm, ada yang tau alasan lain?)

 
Label kecil yang digantung pada produk.
Label ini sangat berfungsi sebagai label harga dari produk yang kita jual, sekaligus sebagai kode produk yang akan mempermudah dalam pencatatan persediaan barang.

 
Info meja.
Dikarenakan letak workshop Ideku Handmade berada pada lantai 2 Griyo Kulo Resto, maka kami mencari cara bagaimana menarik tamu-tamu restoran sehingga mereka mau 'mampir sebentar' ke workshop kami. Jadilah info meja ini sebagai informasi kepada tamu tentang keberadaan kami.

 Daftar hadir.
Berfungsi sebagai pencatatan kehadiran peserta les :) Dapat pula digunakan untuk pencatatan kehadiran peserta workshop. Sedang dipertimbangkan untuk memberi hadiah kepada peserta yang telah mengikuti kelas kami sebanyak sekian kali kehadiran.

 
Leaflet.
Selain kartu nama, leaflet adalah senjata pamungkas kami di saat bazar. Kalau bazar sedang sepi dari para penjualannya, setidaknya kami masih bisa membagikan kartu nama atau leaflet. Yah, hitung-hitung berpromosi, siapa tahu mereka iseng membuka blog kami, lalu tertarik dan akhirnya membeli produk kami atau mengikuti workshop yang ada. Siapa tahu :)
 
 Stempel.
Stempel dapat dibuat berwarna seperti logo yang asli atau dapat juga dibuat hitam putih (dengan alasan ekonomis hehehe)
Plastik kemasan.
Sebenernya agak sedih membahas yang satu ini, kami terus mencari cara untuk memperkecil pemakaian plastik. Sumpah kami tidak setuju dengan pemakaian plastik besar-besaran. Tapi kadang ibu-ibu suka memaksa tetap memakai kantong plastik, padahal tas-tas plastik yang mereka bawa pun masih tersedia tempat untuk menampung beberapa barang lagi. Ayolah kita kerjasama, kurangi pemakaian plastik  :( Sejauh ini yang kami sering gunakan adalah kantong kertas berwarna coklat :) Kami belum pernah memesan kantong plastik berlogo Ideku Handmade ini. Jadi jangan kuatir yaaa... Ini hanya ide awal yang mungkin akan kami ubah ke dalam media kertas.

 Sticker.
Sticker ini juga sebagai sarana promosi murah meriah. Sticker tinggal dibagikan secara gratis pada saat workshop ataupun bazar. Diharapkan mereka mau menempel sticker ini lalu suatu saat 'iseng' membuka link blog kami ;) hehehe ngarep amat yak? :D
Pernah ada seorang ibu yang menempel sticker ini pada bagian belakang blackberrynya. Saya sampai terharu melihatnya *ngusapairmata*

 Banner.
Banner juga penting. Hihihi dari tadi penting semua ya? :D Kalau boleh kasih saran, buat roll banner, harga mahal sedikit tapi banner dapat berdiri kokoh. Kalau x-banner cepet roboh ketiup angin *basedontruestory* hehehe :D

 Yahhh, sekian dulu ya sesi sharingnya. Masih banyak yang kurang sempurna, namanya juga masih belajar *ngelesss*. Yuk belajar barenggg.. kalau ada pertanyaan atau mungkin mau menambahkan kritik dan saran, langsung ya komen di bawah ini :) Kalau ada yang mau repost juga boleh, jangan lupa sertakan link blog kami sebagai sumbernya :) cup! :*

Jangan lupa ikutan july giveaway. Dapatkan 1 set cupcake seri Angry Birds untuk 3 orang pemenang :)

16 comments:

  1. waaaa puriii

    salutttt

    pengen deh ngikutin jejaknya ;)

    ReplyDelete
  2. mba puri and friend hebat
    ^_^
    melaju dan melaju

    ReplyDelete
  3. indeed, posting yang sangat berguna dan dekat. Thanks ya Pur..:)

    ReplyDelete
  4. dari semua yang penting-penting di atas, yang paling penting nomer satu adalah...komitmen menjalankan usahanya :D nice sharing Puwi! :D

    ReplyDelete
  5. baca ini seperti menemukan harta karun,,apalagi buat aku yg memulai usaha cuma bermodal hobi aja,,tanpa basic ilmu bisnis,marketing atau apalah,,
    seneng&bangga banget bs kenal dgn mba Puri,,
    skali lg thnx alot mba,,*
    peluuk erat
    go crafter !!

    ReplyDelete
  6. Setuju sama yang lain, postingan ini banyak banget ilmunya, makasih ya mba puri.... :D
    big hug... :-*

    ReplyDelete
  7. everything just looks so cute! lucu banget barang-barangnya :)

    ReplyDelete
  8. makasih byk sharing nya mbak puri. so useful. sukses selalu :)makasih byk sharing nya mbak puri. so useful. sukses selalu :)

    ReplyDelete
  9. Puri, blogger sejati nih.. krn ingin slalu posting dan share, hehe..

    thanks a lot, posting ini pasti sangat berguna. trutama tuk sya yg lg punya visi tuk buat produk handmade. *peluk*

    ReplyDelete
  10. wuiiiihhh...sukses trus yaaa...
    mbak puri adalah inspirasiquw...
    thnx buat sharingnyaa... xoxo

    ReplyDelete
  11. hihihihihih..... baru tahap logo n kartu namaa.... hahahahhahahaha..... ^^

    bener kak puri.... aku setuju bangett!!!
    semoga aku bisa mengikuti jejak kak puri ahh.. hahahahhahaa

    ReplyDelete
  12. Waaaaaahhh GOD bless me nemuin blog ini. Howaaaa andai waktu itu datang ke craft days, pasti menemukan banyak ilmu lucu en smart (^_^).

    Yang ini juga kewleeen.
    Makasih yaaa tips2nya.

    ReplyDelete
  13. senang sekali bisa bacanya...makasih banyak mbak puri for share..bener2 menginspirasi postingannya :D, * huggss , semoga idekuhandmade sukses trus..d^^b

    ReplyDelete
  14. sukses terus ya mbak mbak cantik. terimakasih seabrek untuk sharringnya :D

    ReplyDelete
  15. halo Puri, salam kenal yaaa..seneng deh baca blog nya Puri yang santai, tapi seruu.. thanks ya for sharing..wuiiiih buat aku sih Puri asli serius bangeeet menjalankan bisnis handmade ini, dan terlihat dari pritilan2 yang Puri sebutkan diatas barusan, itu semuanya asli dipikirkan secara matang.
    Maju terus yah Puri, dan thanks ya for sharing this..mwah mwaaah

    ReplyDelete
  16. Mba Puri, Thanks for sharing. semoga makin sukses yaa.. dan semakin bisa banyak sedekah ilmu. Amin.. :)

    ReplyDelete